Quiz Temukan Jawabanmu Disini

Perumusan dan penetapan pancasila sebagai dasar negara

Cobe jelaskan secara singkat proses perumusan dan penetapan pancasila sebagai dasar negara!

jawaban

Dalam proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara, merupakan hasil dari siding BPUKI. BPUPKI merupakan organisasi yang di bentuk oleh Jepang yang bernama Kumakichi Harada pada tanggal 1 Maret 1945 dan baru di resmikan setelah 2 bulan kemudian pada tanggal tanggal 28 Mei 1945. Jumlah anggota BPUPKI ada 76 anggota, dan 9 diantaranya adalah perwakilan dari Jepang. Ketua organisasi ini adalah Dr. K.R.T Radjiman W.

 

 

Wakil ketua = Ichibangase Yosio ( perwakilan dari Jepang ) dan Rp. Soeroso

 

Sekretaris = A.G Pringgodigdo

 

Berikut proses perumusan dasar negara dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara

 

BPUPKI mengadakan sidang pertama pada 29 Mei – 1 Juni 1945

Setelah para tokoh mengusulkan pendapat tentang dasar negara ( Moh. Yamin , Dr. Soepomo. Dan Ir. Soekarno). Pada tanggal 1 Juni 1945 , Ir. Soekarno mengusulkan usul Dasar Negara tersebut di beri nama Pancasila. setelah sidang pertama selesai, kemudian di bentuklah panitia kecil yang di ketuai oleh Ir. Soekarno. Tugas panitia kecil ini adalah mengumpulkan usul-usul para anggota dan mempelajarinya. Pada tanggal 22 Juni 1945, Panitia kecil menghasilkan dokumen yang berisikan asas dan tujuan negara Indonesia merdeka. Dokumen ini di beri nama Piagam Jakarta. Sesuai dengan penamaan dari Mr. Moh. Yamin, perumusan dasar negara dalam Piagam Jakarta ini adalah sebagai berikut :

 

1. Ketuhanan menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya

2. Kemanusiaan yang adil dan beradab

3. Persatuan Indonesia

4. Kerakyatan yang di pimpin oleh kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan

5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

 

Setelah sehari bangsa Indonesia merdeka pada tanggal 18 Agustus 1945, PPKI bersidang unruk mengesahkan naskah hukum dasar (Pancasila sebagai dasar negara). Pada sidang pertama PPKI rancangan UUD hasil kerja BPUPKI di bahas kembali, pada pembahasannya terdapat perubahan . Perrubahan tersebut berkaitan dengan sila pertama yang berbunyi “ Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya”,di ganti menjadi “ Ketuhanan Yang Maha Esa” di karenakan Ir. Soekarno mendapat laporan utusan Angkatan Laut Jepang yang bernama Kaigun mengatakan bahwa daerah-daerah di Indonesia bagian timur tidak beragama Islam. Berikut isi Pancasila setelah terdapat perubahan:

 

1. Ketuhanan Yang Maha Esa

2. Kemanusiaan yang adil dan beradab

3. Persatuan Indonesia

4. Kerakyatan yang di pimpin oleh hikmat kebijaksanaan perwakilan

5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia

 

Penjelasan : Proses perumusan dan penetapan pancasila sebagai dasar negara, Pancasila di rumuska oleh tiga tokon pendiri bangsa : Ir. Soekarno, Moh. Yamin, dan Dr. Soepomo dan Pancasila di tetapkan sebagai dasar negara pada tanggal 18 Agustus 1945 tepat setelah Indonesia merdeka.

 

 

 

Semoga membantu.