Quiz Temukan Jawabanmu Disini

Mengapa kita diwajibkan untuk menghormati orang tua dan guru

1. Mengapa kita diwajibkan untuk menghormati orang tua dan guru?2. Tulislah hadis yang menjelaskan bahwa ibu adalah manusia yang paling pertama untuk dihormati sebelum seorang bapak/ayah! Berikan alasannya mengapa ibu menduduki posisi istimewa!3. Jelaskan pengaruh durhaka kepada orang tua dalam kehidupan anak!4. Jelaskan kedudukan profesi guru dalam Islam!5. Bagaimana cara menghormati orang tua dan guru? Jelaskan!​

jawaban:

1. Kita diwajibkan untuk menghormati orang tua, karena:

Orang tua adalah orang yang telah melahirkan kita,membimbing kita, serta merawat kita mulai dari kecil sampai dewasa.

 

2. Tulislah hadis yang menjelaskan bahwa ibu adalah manusia yang paling pertama untuk dihormati sebelum seorang bapak/ayah! Berikan alasannya mengapa ibu menduduki posisi istimewa!

(HR. Bukhari no. 5971 dan Muslim no. 2548)

عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ جَاءَ رَجُلٌ إِلَى رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ :يَا رَسُوْلَ اللهِ، مَنْ أَحَقُّ النَّاسِ بِحُسْنِ صَحَابَتِي؟ قَالَ أُمُّكَ، قَالَ ثُمَّ مَنْ؟ قَالَ أُمُّكَ، قَالَ ثُمَّ مَنْ؟ قَالَ أُمُّكَ، قَالَ ثُمَّ مَنْ، قَالَ أَبُوْكَ

Dari Abu Hurairah radhiyallaahu ‘anhu, belia berkata, “Seseorang datang kepada Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam dan berkata, ‘Wahai Rasulullah, kepada siapakah aku harus berbakti pertama kali?’ Nabi shalallaahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Ibumu!’ Dan orang tersebut kembali bertanya, ‘Kemudian siapa lagi?’ Nabi shalallaahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Ibumu!’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi?’ Beliau menjawab, ‘Ibumu.’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi,’ Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Kemudian ayahmu.’

mengapa ibu menduduki posisi istimewa?.. Karena ibu telah mengandung kita dan melahirkan kita yang dimana nyawah adalah taruhannya.

 

3. Jelaskan pengaruh durhaka kepada orang tua dalam kehidupan anak!

Pengaruh durhaka kepada orang tua dalam kehidupan anak adalah

  • Tidak akan memperoleh ridha Allah dalam setiap langkah yang diambil.
  • Sulit memperoleh rejeki.
  • Sulit masuk surganya Allah.

 

4. Jelaskan kedudukan profesi guru dalam Islam!

Kedudukannya guru terhadap islam menurut Rasullah adalah kedudukan yang tinggi dan sangat mulia karena guru telah memberi kita ilmunya.

 

5. Bagaimana cara menghormati orang tua dan guru? Jelaskan!

  • Tidak meninggikan suara dan berkata kasar saat berbicara dengan orang tua atau guru.
  • Memberi salam terlebih dahulu kepada guru atau orang tua apabila menghadap atau berjumpa denganya.
  • Jangan memotong pembicaraan nya.

Pembahasan

Guru adalah Orang tua kita di sekolah yang mendidik setiap anaknya (Muridnya) dengan penuh ketabahan, ketelitian, dan kecerdasaan. Baik itu seorang Bapak Guru atau Ibu Guru, semuanya adalah orang tua kedua bagi seluruh murid.

 

 

Mengapa kita harus menghormati seorang guru?… Karena guru adalah orang yang sangat berjasa terhadap diri kita. Beliau bersedia memberikan ilmu pemgetahuan yang banyak kepada kita agar kita menjadi manusia yang lebih terarah lagi.

 

Akibat tidak berbuat baik kepada guru

  • ilmu yg di berikan tidak bermanfaat
  • ilmu pun tak menjadi berkah
  • guru dan murid tidak harmonis

 

Sedang kan orang tua adalah orang yang telah melahirkan kita ,merawat kita dari kecil sampai besar.

 

Didalam surat Al-Isra ayat 23 telah menjelaskan bahwa orang tua kita adalah orang yang patut kita turuti, Dalam ayat tersebut dijelaskan apabila kita di suruh jangan sampai kita berkata “Ah” dan juga jangan sampai membentaknya.

Dalil Tentang menghormati orang tua dan guru :

Alquran Surat al-Isra’ (17) ayat 23.

وَقَضَى رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوا إِلَّا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُلْ لَهُمَا أُفٍّ وَلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَهُمَا قَوْلًا كَرِيمًا

“Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik.”

 

 

لَيْسَ مِنَّا مَنْ لَمْ يُجِلَّ كَبِيرَنَا، وَيَرْحَمْ صَغِيرَنَا، وَيَعْرِفْ لِعَالِمِنَا

Artinya : Tidak termasuk golongsn kami orang yang tidak memuliakan orang yang lebih tua (guru) dan tidak menyayangi orang yang lebih muda. ( H.R Ahmad dan Tirmidzi ).