Quiz Temukan Jawabanmu disini

Apa pengertian garis bujur dan garis lintang ?

Apa pengertian garis bujur dan garis lintang ?

Jawaban:

 

Pengertian garis bujur dan garis lintang

 

Garis Lintang (Latitude): garis imajiner yang melingkar bumi ditarik dari arah barat hingga timur. Garis Lintang adalah garis khayal yang digunakan untuk menentukan lokasi di bumi terhadap garis khatulistiwa. Bumi memiliki 180 garis lintang, yaitu 90 lintang utara dan 90 garis lintang selatan.

 

Garis Bujur (Longtitude): garis imajiner yang berupa garis lurus yang menghubungkan bumi dari kutub utara hingga kutub selatan. Bumi dibagi menjadi 360 garis bujur, yaitu 180 garis bujur barat dan 180 garis bujur timur.

 

Pembahasan:

 

Bumi dibagi oleh garis khayal (imajiner) yang berupa garis lintang dan bujur.

 

Garis Lintang menentukan lokasi relatif terhadap garis Khatulistiwa, apakah suatu lokasi itu di belahan bumi selatan atau utara.

 

Garis Khatulistiwa adalah yang melintasi bumi dan membagi bumi menjadi dua bagian. Garis Khatulistiwa ini merupakan garis 0 pada posisi Lintang Utara dan Lintang Selatan, sementara Kutub Utara adalah titik 90 derajat Lintang Utara dan Kutub Selatan adalah 90 derajat Lintang Selatan.

 

Dari Garis Khatulistiwa, semakin ke utara atau selatan dan mendekati Kutub Utara atau Kutub Selatan, maka panjang Garis Lintang semakin mengecil.

 

Garis bujur menentukan lokasi apakah berada di bagian belahan bumi barat atau timur. Titik acuan garis bujur, atau 0 derajat, ditarik dari Greenwich di London, lokasi obervasi para ilmuwan Inggris pada masa lalu.

 

Di bagian bumi yang terletak di bagian barat Greenwich, terdapat Garis Bujur Barat, sementara pada bagian bumi yang terletak di bagian timur Greenwich, terdapat Garis Bujur Timur. Garis-garis bujur ini bertemu laki di Samudera Pasifik pada 180 derajat Bujur Timur dan 180 derajat bujur barat.